Senin, 15 Oktober 2012

Tugas Tambahan Minggu Ke-1 ( Etika Profesi Akuntansi )



NAMA           : HERLINA SARI
NPM               : 25209341
KELAS          : 4 EB 13


1.      PENGERTIAN ETIKA
Etika berasal dari bahasa yunani yaitu ethos dan ta etha. Ethos berarti tempat tinggal atau kebiasaan, dan ta etha berarti adat istiadat. Ada beberapa definisi etika menurut beberapa ahli, diantaranya yaitu :
a.       Drs. O.P. SIMORANGKIR : etika atau etik sebagai pandangan manusia dalam berprilaku menurut ukuran dan nilai yang baik.
b.      Drs. Sidi Gajalba dalam sistematika filsafat : etika adalah teori tentang tingkah laku perbuatan manusia dipandang dari segi baik dan buruk, sejauh yang dapat ditentukan oleh akal.
c.       Drs. H. Burhanudin Salam : etika adalah cabang filsafat yang berbicara mengenai nilai dan norma moral yang menentukan prilaku manusia dalam hidupnya.
Sedangkan menurut saya, etika adalah tingkah laku perbuatan manusia yang dilakukan berdasarkan kepribadian atau watak  setiap manusia itu sendiri, yang mencakuppandangan manusia tentang moral yang benar, salah, baik, buruk, dan tanggung jawab.

2.      PERBEDAAN EGOISME DENGAN HEDONISME
Egoism adalah suatu bentuk ketidak-pedulian kepada orang lain, motivasi untuk mempertahankan dan meningkatkan pandangan yang hanya menguntungkan diri sendiri dan umumnya memiliki pendapat untuk meningkatkan citra pribadi seseorang dan pentingnya - intelektual, fisik, sosial dan lainnya.

Hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan. Hedonisme merupakan ajaran atau pandangan bahwa kesenangan atau kenikmatan merupakan tujuan hidup dan tindakan manusia.
Menurut pendapat saya, perbedaan antara egoisme dengan hedonisme yaitu, egoisme merupakan cara atau upaya seseorang untuk selalu bisa mendapatkan hal  yang terbaik dalam kehidupannya guna meningkatkan derajat hidupnya, tanpa memikirkan keadaan ataupun kepentingan orang lain dan tidak memikirkan apakah orang lain tersebut merasa dirugikan atau tidak, dengan hal yang dilakukannya. Sedangkan hedonisme merupakan suatu anggapan bahwa tujuan utama kehidupan manusia adalah kesenangan dan menghindari penderitaan. Orang yang mempunyai sifat hedonisme akan berpikir dan berupaya bagaimanapun caranya agar dia bisa mendapatkan kesenangan dan menghindari penderitaan dalam kehidupannya. Dengan cara berpikir seperti ini, orang tersebut secara tidak langsung akan mempunyai sifat egois, agar kesenangan yang di impikannya dapat tercapai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar